Saat ini internet hadir sebagai edia pendidikan. Namun internet
bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat
suplementer dan pelengkap. etode konvensional tetap diperlukan, hanya
saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain. Penggunaan internet memungkinkan
pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas
dibandingkian dengan hanya menggunakan media konvensional. Teknologi
internet menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktiu
untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Metode pengajaran dapat
dikomunikasikan dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list,
chatting. mailing list memungkinkan pakar berdiskusi sehinng
menghilangkan jarak antara pakar dengan pelkajar. Suasana hangat dan
nonformal pada mailing list ternyata menjadi cara pembelajaran yang
efektif.
Banyak manfaat-manfaat yang dapat diambil dari internet. namun semua
itu tergantung pada orang-orang atau perusahaan-perusahaan yang
memanfaatkan media internet. Bila internet itu disalahgunakan dalam
pemanfaatannya, maka akan timbul dampak negatif yang tidak diinginkan.
Menurut data yang diperoleh melalui internet, para remaja dan pemuda di
Tiongkok dapat memperluas cakrawala dam menambah pengetahuan umum
mereka. namun sama halnya dengan negara kita, informasi yang tidak
mendidik juga terjadi disana. Hal itu memberi dampak negatif bagi mereka
karena dapat mempengaruhi perilaku mereka. Bahkan banyak diantara
mereka yang hanyut dalam dunia khayalan internet.
Berbagai kalangan masyarakat dewasa dan pemerintah di Tiongkok
khawatir dengan pengaruh internet disana. Mereka berusaha mencari solusi
untuk menghindari dampak-dampak negatif itu. Usaha-usaha yang mereka
lakukan misalnya memperbaiki dan memperketat pengelolaan warnet-warnet
komersial yang ada di Tiongkok. Warnet komersial harus menyeleksi
orang-orang yang akan ke warnet tersebut. Orang yang belum dewasa
dilarang masuk ke warnet tersebut. Orang-orang yang belum dewasa adalah
orang-orang yang usianya belum mencapai 18 tahun. Penetapan tersebut
harus dipatuhi. Para remaja dan pemuda disana dilarang karena akan
mengganggu kegiatan belajar Mereka.
Sebenarnya, pembelajaran tentang komputer sangat baik diajarkan
sedari dini. Namun biasanya, anak-anak menyalahgunakan pembelajaran
tersebut. Maka sebaiknya, para guru dan orangtua lebih memperhatikan
perkembangan anaknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar