Translate

Jumat, 26 April 2013

RESENSI BUKU KARYA KU

                                                                   RESENSI BUKU
                                                Judul  : Letusan Gunung Berapi
                                                Penulis          : Weni R.DKK
                                                Penerbit       : PT. Mediantara Semesta
                                                Cetakan        : 1, Desember 2009
                                                Tebal : 56 Halaman

            Buku ini tampil berbeda dengan buku baru tentang gunung berapi lainnya. Dalam buku ini pembaca diajak mengenal tentang seluk-beluk gunung berapi serta didalam buku ini juga ada ilmu tentang manfaat & dampak gunung berapi bagi warga disekitarnya.
            Dari total 56 halaman ada sebuah halaman yang menjadi sebuah titik pembacaan saya. Suatu halaman yang memuat tentang tingkat isyarat gunung berapidimana ada status gunung, maknanya, serta tindakan yang harus dilakukan. Buku ini bersifat memberikan pengetahuan tidak hanya gunung berapi saja  melainkan juga tentang kewaspadaan kita terhadap alam semesta.
            Disamping itu saya meresensi buku ini untuk memenuhi tugas bahasa Indonesia  serta untuk mempromosikan buku baru ini kepada masyarakat SMP 6 Madiun. Buku ini sangat bagus untuk dibaca oleh para anak-anak karena memiliki banyak warna dan bentuk dari buku itu sangat ramping sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.
            Didalam membaca anak-anak agak sedikit susah untuk membaca karena tulisan dari buku tersebut agak kecil sehingga membuat anak menjadi susah untuk membaca. Selain itu juga terdapat penggunaan kata yang terus di ulang-ulang dalam menjelaskan tentang gunung berapi ini.
            Indonesia dengan gunung berapi terbanyak karena letak negaranya berada tepat pada pertemuan 3 lempeng tektonik raksasa. Yaitu: Lempeng Pasifik, Indo Australia,& Eurasia. Jika kita mengenal gunung dan pegunungan kita dapat membedakannya melalui jenisnya. Gunung berapi terbentuk karena ketiga lempeng tersebut saling bertubrukan sehingga ada sebagian yang tertindih dan akhirnya membentuk gunung berapi baru. Selain itu letusan gunung berapi juga dapat berdampak bagi kehidupannya di sekitarnya. Sehingga didalam buku ini terdapat cara penanganan bencana gunung berapi.
            Buku ini sangat bermanfaat karena didalamnya terdapat pengetahuan tentang dampak & tindakan yang harus kita lakukan jika gunung berapi telah aktif kembali. Adapun ilmu-ilmu yang mempelajari gunung api melalui tipenya sampai dari bahan yang terkandung dalam cairan magma.


                                                         
                                                                        M.ORIZA HASFI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar